Langsung ke konten utama

LULUS POLITEKNIK PENERBANGAN APAKAH LANGSUNG KERJA ?

Assalamualaikum sobat, bagaimana kabarnya hari ini ? Semoga sobat semua selalu dalam keadaan sehat selalu, dalam keadaan bahagia selalu. Sobat, Mungkin dari sobatku semua ada yang bertanya, Sebenarnya setelah lulus dari Politeknik Penerbangan, apakah langsung diterima di tempat kerja ? Sebenarnya lulusan Poltekbang, benar benar prospek gak sih ? Mungkin untuk membantu menjawab pertanyaan dan uneg uneg sobat, saya akan sharing mengenai pengalaman saya setelah lulus dari Salah satu Politeknik Penerbangan di Indonesia. Semoga pengalaman saya bisa membantu menjawab pertanyaan di atas. Apa itu Politeknik Penerbangan Sobat, Politeknik Penerbangan merupakan perguruan tinggi kedinasan yang bernaung di bawah Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan berbasis vokasi dan akademik teknik dalam bidang teknik dan keselamatan penerbangan. Di Indonesia, terdapat 6 Politeknik Penerbangan di bawah naungan Kementerian Perhubungan yaitu Poltekbang Jayapura, Poltekbang S

KULIAH DI PENERBANGAN ? BACA DULU ENAK DAN GAK ENAK KETIKA PENDIDIKAN DI PENERBANGAN

Sobat memiliki niat untuk meniti karir di dunia penerbangan ? Atau sobat bercita cita untuk menjadi seorang yang mengabdi untuk penerbangan di langit Nusantara ? Sebaiknya sobat terlebih dahulu memiliki gambaran mengenai kehidupan di taruna perhubungan itu seperti apa, supaya sobat tidak menyesal di kemudian hari, atau supaya sobat tidak down saat menjalani pendidikan sebagai taruna perhubungan.
Foto diambil tahun 2017, mereka adalah saudara saya seangkatan dari Prodi TNU PPI Curug
atas dari kiri ke kanan Malik dan Fachri, bawah Rayen dan Bima

Coba sobat baca dulu, PILIH JURUSAN YANG COCOK DI PENERBANGAN. Selain itu juga supaya sobat lebih mantab dalam memilih jalan meniti karir di penerbangan.
Sobat, Memang kuliah di penerbangan terlihat begitu 'gagah', tampak keren, berseragam taruna, berchevron dan sering menjadi sorotan masyarakat karena kegagahan seragamnya. Namun, sobat pernahkah berfikir, enak gak enaknya kuliah di penerbangan ? dan enak gak enaknya setelah kuliah di penerbangan ?

Tulisan ini terinspirasi dari VLOG salah seorang teman saya dari PT Gapura yang bersekolah khusus lisensi ground staf di sekolah penerbangan swasta di Yogyakarta (Rony)

Saya tidak menyarankan apa apa, hanya membagikan informasi mengenai enak gak enak perkualiahannya dan pasca perkuliahannya secara pribadi. By the way, enak gak enak itu relatif ya, setiap individu pasti memiliki persepsi yang berbeda tentang enak gak enak yang dialami.
BACA JUGA

SAAT PERKULIAHAN,

gak enaknya dulu deh,

1. Harus bisa mengubah kebiasaan hidup, menyesuaikan dengan kebiasaan hidup di asrama yang sangat prosedural, dan harus benar benar patuh terhadap aturan. Jadi, jika Sobat bukan termasuk dalam orang yang adaptif, Sobat pasti akan sangat sulit menyesuaikan diri dengan lingkungan ini.

2. Akan terlalu banyak kegiatan kegiatan fisik yang menurut saya sangat menghambat kegiatan akademik. Terutama untuk belajar mandiri dan mengembangkan bakat. Waktu belajar mandiri di barak hanya sekitar 1.5 jam, selebihnya  untuk apel, makan, olahraga, bersih diri, tidur, sering juga tiba tiba ada sidak barak, upacara punishment, evaluasi. Benar benar sangat mengganggu kegiatan belajar. Materi yang diajarkan di akademik tidak sedikit sobat, tapi banyak. Namun kegiatan lapangan juga tidak bisa ditinggalkan. Jika kita tidak menguasai materi dengan cepat, ujian kita fail, kita bisa DO (Drop Out). Kan rugi jika harus DO.

3. Biaya kuliah di penerbangan mahal, sekarang mahal biaya kuliahnya sobat, kalau dulu memang murah, sekitar tahun 2013.an biaya persemester yang ditangguhkan ke taruna  hanya 2 s/d 4 juta.an. Sekarang, 2018, untuk pola pembibitan berkisar 2 s/d 17 jutaan persemester tergantung prodi. Itu belum termasuk uang makan yang harus dibayar setiap bulan sekitar 1 juta. Belum lagi yang jalur regular kan. Biayanya mahal sobat, bahkan biaya swadana bisa mencapai 25 jutaan / semester sobat.

4. Memakai baju taruna itu gak seenak yang kalian bayangkan sobat. Bajunya rapet, pres dengan postur tubuh, belum lagi ada atribut yang setiap hari harus di'braso' supaya tampak mengkilat dan supaya tidak kena hukum. 

5. Taruna itu "boneka", harus patuh dengan perintah pembina dan senior, ada instruksi apapun, jawabannya harus siap. Sering tiba tiba ada instruksi dan kita harus memenuhi  undangan pertunjukan maupun acara acara yang padat, sehingga tidak jarang saat kegiatan padat, banyak taruna yang 'tanggo', padahal taruna juga manusia yang juga butuh istirahat.

Terus enaknya apa selama perkuliahan. ?

BACA JUGA

1. Enaknya, Sobat selama perkuliahan tidak perlu repot nyuci, masak, beli paketan, cuci piring, semuanya sudah ada yang melayani. Karena kalau mau nyuci seragam, sudah ada loundry, kalo mau makan, sudah disiapkan diruang makan, kalo mau internet, tinggal buka laptop cari spot wifi di kelas maupun di asrama. Yang kita lalukan hanya menjalani kegiatan sesuai jadwal. :)
 
2. Dapat banyak ilmu mengenai dunia penerbangan. Sebelumnya kita belum tahu apa itu penerbangan, setelah masuk di perkuliahan ini jadi paham, banyaknya cabang ilmu yang harus dipelajari di penerbangan.

3. Tampak keren jika memakai seragam taruna. Orang tua kebanyakan pasti bangga anaknya memakai seragam taruna. Seragam yang ber'cementel' banyak atribut, bercevron, dan tampak gagah deh pokoknya. Bahkan saya kalo lihat adek adek taruna itu kadang masih membatin "keren nih anak",
TARUNA STPI CURUG 2018 dari instagram @ahimsyahbima 
*catatan : btw, gak semua berseragam itu junior ane ya, kalo foto diatas temen temen seangkatan ane sobat, course TNU juga, mereka Diploma empat, ane diploma 3, jadi setahun lebih cepat lulusnya dari temen temen diatas.


4. Bisa ikut Acara undangan Drums Corps, ini nih sobat, biasanya ksatrian dapat undangan dari luar untuk meramaikan kegiatan mereka. Nah, biasanya siapa yang mengundang ? Ada dari pemkot, pemkab, perusahaan, untuk acara acara besar yang butuh kemeriahan. Disini sobat bisa jalan jalan keluar ksatrian, mengunjungi kota kota lain untuk melaksanakan tugas. Bisa foto foto selfie berseragam drums corps. 

5. Biasa terlatih untuk disiplin melakukan apapun. Memang begitu sobat, di dalam ksatrian, karena semua kegiatan selalu harus sesuai dengan aturan. Sobat nanti jadi terbiasa disiplin mematuhi peraturan. Selain itu sobat juga akan terbiasa dengan segala peraturan yang tertulis maupun tidak tertulis. Yang tertulis itu ya peraturan yang ada di buku saku PT3 (Peraturan Tata Tertib Taruna) dan peraturan tidak tertulis itu ya istilahnya sopan santun serta tradisi tradisi lainnnya.

6. Masuk jalur Pola Pembibitan, Lulus langsung kerja. Taruna yang uda masuk di jalur  Polbit alias Pola Pembibitan. (karena ada request tentang polbit di artikel ini beberapa saat lalu di komentar, mohon maaf sebelumnya, komentarnya kehapus), btw, sesuai infonya taruna Polbit sudah menjadi bagian dari ASN di Kementrian Perhubungan. Sehingga lulusan dari jalur polbit nanti akan menjadi PNS di Kementrian Perhubungan. Disini lulusan Polbit tidak perlu tes lagi untuk menjadi bagian dari PNS di Kementrian Perhubungan. Keren kan ? 

Kira kira itu sobat mengenai enak gak enak hidup di ksatrian secara pribadi, sebenarnya masih banyak sobat, enak gak enaknya yang bisa dijelaskan, namun itu semua relatif, belum tentu yang menurut saya enak, belum tentu enak menurut kalian kan.

BACA JUGA

Bagaimana dengan pasca kelulusan ?
Kalo dipartisi enak gak enak tuh terlalu sulit membedakan sobat, jadi saya jelaskan dalam kalimat saja ya, karena enak gak enak itu RELATIVE,, setiap individu berbeda beda. 
Pasca lulus itu, kita sebenarnya gak langsung masuk perusahaan. Kita lulus, wisuda, yauda lulus aja. Baru jika ada rekruitmen dari perusahaan2 penerbangan, baru kita ikut rekruitmen. Dan kita harus ikuti tahap tahap rekruitmennya, tahap tahapnya apa aja, tergantung dari perusahaan mau mengeluarkan tes apa aja, biasanya ada tes psikologi, tes bahasa inggris, tes wawancara dan tes kesehatan. Kalo gugur gimana ? ya uda, ikut rekruitmen gelombang depan (jika ada). Makanya, sobat harus benar benar manfaatin segala fasilitas yang diberikan di ksatrian selama pendidikan sehingga bisa lolos di setiap tes saat rekruitmen. Apalagi sudah bayar mahal kan.

Berarti sama dong, kuliah biasa sama jadi taruna perhubungan ? Lhawong masuk perusahaan di penerbangan harus tes lagi padahal lulusan taruna penerbangan ?

Beda sobat, karena perusahaan penerbangan biasanya akan menerima calon karyawan yang sudah berpengalaman yang dibuktikan dengan surat kecakapan (lisensi), yang hanya dimiliki oleh lulusan taruna penerbangan.

Kemudian mengenai pekerjaan, jika sobat kerja di penerbangan, jangan berharap bisa dapat hari libur waktu tanggal merah. Terutama operasional dan teknisi, harus selalu standby memberikan pelayanan terbaik. Kecuali sudah managerial. Karena managerial akan mengikuti office hour. Bagaimana bisa masuk di managerial ? Sobat harus jadi senior dulu, dan mengikuti tes-tesnya. 

Seperti itulah sobat gambaran jika sekolah di kuliah penerbangan, Sudah manteb Pilihannya sobat ? Sholat istikharah dulu lah, minta saran orangtua juga. Baru dimantebkeun.

Komentar

  1. Mata kuliah jurusan Teknik Pesawat Udara apa saja kak ?

    BalasHapus
  2. "Mata kuliah jurusan Teknik Pesawat Udara apa saja kak ?"
    Airframe, piston engine, Turbine Engine.

    BalasHapus
  3. Kak emang kalo kena do itu syarat IPK-nya berapa?

    BalasHapus
  4. kak,walaupun masuk jalur sipencatar, tetap bayar persemester juga kak? (diluar biaya permakan)

    BalasHapus
  5. “Kak emang kalo kena do itu syarat IPK-nya berapa?“

    Minimal 2,75 dek

    “ kak,walaupun masuk jalur sipencatar, tetap bayar persemester juga kak? (diluar biaya permakan)”

    Masih bayar dek,

    BalasHapus
  6. Kak, kalo lulusan polbit sudah pasti jadi PNS emangnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Informasi yang sy dapat sementara ini memang begitu, insyaAllah tahun ini angkatan pertama kelulusan dari taruna polbit.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan sebelumnya

PILIH JURUSAN YANG COCOK DI PENERBANGAN

Halo sobat, bagaimana kabarnya hari ini ? Semoga sobat sobatku semua sehat selalu.  Sobat tahu ada berapa jurusan di sekolah penerbangan ? Apakah hanya jurusan pilot dan pramugari saja ? Ternyata jurusan di sekolah penerbangan di Indonesia kini sangat beragam. Ada jurusan yang fokus menjadi pemandu perjalanan pesawat dan fokus menjadi teknisi. Jajaran Resimen Tahun Ajaran 2015/2016 Politeknik Penerbangan Surabaya Foto atas merupakan foto alumni tahun 2016 dan 2017 POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA. Alhamdulillah sekarang sudah bekerja di perusahaan perusahaan penerbangan. Atas, Paling kiri ke kanan, AP1, GMF, AirNav, AirNav, Prodi TPU Poltekbang Surabaya, AirNav, AirNav, GMF, GMF, AirNav.  Bawah, Paling kiri ke kanan, AP1, AP1, AP2. Nah sobat, di Indonesia, sekarang mulai didirikan beberapa pendidikan tinggi politeknik yang menyediakan jasa pendidikan dengan prospek yang nantinya meruncing menjadi tenaga kerja di penerbangan. SIAP IKUT SELEKSI PENERIMAAN CALON TARU

DIPLOMA NON DIPLOMA POLTEKBANG SURABAYA ?

(Diperbarui pada Maret 2018) Sobat mungkin yang masih duduk di bangku setara SLTA (Sekolah Lanjutan Tingkat Atas) masih bertanya tanya ini, apa bedanya jenjang pendidikan diploma dan non diploma di Politeknik Penerbangan Surabaya. Atau mungkin bingung, pilih diploma, atau non Diploma, kenapa beda, ? Berikut saya share yang saya ketahui mengenai Diploma dan Non Diploma di  Politeknik Penerbangan Surabaya. SIAP SIPENCATAR TAHUN INI ? PAHAMI JALUR MASUKNYA   ND TPU 6 Non Diploma di Politeknik Penerbangan Surabaya adalah jenjang pendidikan yang tidak mengeluarkan ijazah 'Ahli Madya' pasca kelulusan. Sehingga setelah lulus dari pendidikan Non Diploma, taruna hanya akan mendapatkan sertifikat kecakapan, yaitu lisensi. Di Politeknik Penerbangan Surabaya, biasanya setiap tahun membuka pendaftaran untuk kelas Non Diploma dengan tujuan Diklat Lisensi yang berbeda-beda sesuai kebutuhan perusahaan. Untuk jurusan yang dibuka dalam program Non Diploma, Politeknik Penerbangan Surabaya, p

TIPS TES SAMAPTA SIPENCATAR PERHUBUNGAN

Assalamualaikum sobat, bagaimana kabanya hari ini ? Semoga sobatku semua sehat selalu. Sobat akan menjalani tes samapta ? Bagaimana tips dan kiat kiatnya ?  SIAP SIPENCATAR TAHUN INI ? PAHAMI JALUR MASUKNYA   Acara yudisium POLTEKBANG Surabaya tahun 2017 (ditulis pada 8 Oktober 2017, direvisi pada 26 Juli 2021 ) Kesamaptaan, berasal dari kata samapta yang artinya ready, prepare atau bisa juga kesiapan fisik (hukumonline.com). Sobat yang belum tahu samapta, bisa deh baca sekelumit goresan jemari ini mengenai tes samapta, yang mudah mudahan bisa bermanfaat bagi sobat. Terutama yang akan mau ikut seleksi masuk ke balai, akademi, politeknik maupun sekolah tinggi dibawah naungan BPSDM Perhubungan matra udara. Pada SIPENCATAR (Seleksi Penerimaan Calon Taruna)  Perhubungan tahun 2017, seleksi tes kesamaptaan masuk dalam seleksi tes tahap IV, yaitu (Tes Kesamaptaan dan Tes Wawancara).  Seleksi ini dilaksanakan setelah tes tahap III yaitu Tes Kesehatan. Tes Samapta pada SIPENCATAR

TIPS PSIKOTES SIPENCATAR PERHUBUNGAN

Assalamualaikum Sobat, bagaimana kabarnya hari ini ? Semoga sobatku semua dalam keadaan sehat dan bahagia selalu. Sobat, TAHAP PSIKOTES merupakan salah satu tes yang diberikan saat sobat mengikuti berbagai seleksi masuk, baik perusahaan maupun perguruan tinggi. Salah satu yang menggunakan TAHAP PSIKOTES adalah SIPENCATAR PERHUBUNGAN atau Seleksi Penerimaan Calon Taruna Perhubungan. Nah kemudian bagaimana tahap tahapnya ? Apa kiat kiat yang bisa kita lakukan untuk lolos di TAHAP PSIKOTES ? Sebelum membaca lebih lanjut, siapkan secangkir kopi dan sepotong kue untuk menemani sobat dalam mebaca artikel saya yang panjang ini, haha. Bliau adalah Taruna D-III TNU Poltekbang Surabaya, masuk tahun 2018. Rionara TES PSIKOLOGI Nah Sobat, Tes psikologi di SIPENCATAR Perhubungan merupakan tes yang wajib diikuti untuk menjadi syarat masuk calon taruna. Fungsinya adalah untuk mengetahui kondisi calon taruna apakah sesuai dengan konsentrasi program studi yang dipilih nantinya disesuaikan dengan kond

NAMA ATRIBUT TARUNA ATKP SURABAYA

Sobat catar (Calon Taruna), mungkin kalian yang baru masuk POLTEKBANG Surabaya, meski hanya sekedar ingin ikut pendaftaran atau hanya sekedar mencari informasi mengenai POLTEKBANG, merasa agak kaget ya kalo lihat penampilan Taruna di POLTEKBANG Surabaya. Terutama dalam berpakaian yang serba rame, dengan baju yang ditempeli banyak atribut. Ets, jangan salah, seluruh atribut yang dikenakan itu memiliki nama , baik. SIAP SIPENCATAR TAHUN INI ? PAHAMI JALUR MASUKNYA   Berikut, saya akan tunjukkan mengenai nama atribut yang digunakan. S aya mengambil gambar foto dari salah satu taruna di POLTEKBANG Surabaya, berikut nama nama atributnya.  FOTO TARUNA TAHUN 2015 SEDANG MENGGUNAKAN SERAGAM PDH (PAKAIAN DINAS HARIAN) JAZBA OLEH TARUNA DARI TNU VII POLTEKBANG SURABAYA semoga bermanfaat, *catatan :  Foto - foto di atas ini diambil tahun 2016, so seragam yang masih digunakan masih berwarna biru (atasan) dan biru donker (bawahan), mulai tahun 2017, seluruh taruna transportasi

TIPS TES INTERVIEW SIPENCATAR PERHUBUNGAN

Waktu terus berlalu ya , tiba tiba sudah akan dilaksanakan tes interview. Ya, seperti ini lah hidup, jalani saja dulu, ikhtiar, hasil akhir Allah sudah urus, yang penting selalu positif thinking dengan semua skenario kisah hidup yang kita jalani masing masing.  SIAP SIPENCATAR TAHUN INI ? PAHAMI JALUR MASUKNYA   Mengenai tes interview, saya semoga masih ingat dan mungkin bisa berbagi sedikit tips dari pengalaman tes interview saya beberapa waktu silam untuk seleksi masuk di sekolah kedinasan ini. Hehe, makhlum, sudah tua, sudah lama, tapi namanya pengalaman kan, apa salahnya berbagi. Oke sobat, ndak usah galau mau jalani tes, uda jalani aja, relax. Itu yang penting. Belajar relax berhadapan dengan siapapun mulai sekarang ya, || BACA Juga ||   TES TAHAP SATU SEPERTI APA KAH ?   PILIH JURUSAN YANG COCOK DI PENERBANGAN     TEST INTERVIEW SIPENCATAR ? GAMPANG     TIPS TES KESAMAPTAAN SIPENCATAR PERHUBUNGAN      SIAP TES KESEHATAN SIPENCATAR PERHUBUNGAN ?    Gimana ya Kehidupan Taruna ?

PENGALAMAN TES TAHAP 1 SIPENCATAR PERHUBUNGAN TAHUN 2014

SOBAT,,  (diperbaharui pada 24 Desember 2017) Tes tahap 1 (Tes Potensi Akademik) SIPENCATAR Perhubungan, merupakan tes yang paling banyak menyisihkan peserta SIPENCATAR, bahkan bisa sampai 50% tersisihkan dalam tes ini. SIAP SIPENCATAR TAHUN INI ? PAHAMI JALUR MASUKNYA   Foto diatas diambil pada tahun 2016, kami taruna TNU 7 bersiap untuk take foto untuk kalender Poltekbang Surabaya tahun 2017. Tes Potensi Akademik (TPA) merupakan tes seleksi masuk tahap paling awal dalam seleksi SIPENCATAR Perhubungan. Jadi, jika lolos tes tahap ini, sobat bisa masuk ke tes tahap dua. Berikut adalah artikel yang pernah saya buat tahun 2014 kemarin sobat, semoga bisa sedikit membantu, mohon maaf jika kata kata di dalamnya ‘gak jelas’ hehe, sehingga artikel ini sempat saya tarik beberapa waktu kemarin, karena ada seseorang yang membutuhkan pengalaman tes tahap satu, ya saya menambahkan sedikit. || BACA Juga ||   TES TAHAP SATU SEPERTI APA KAH ?   PILIH JURUSAN YANG COCOK DI PENERBANGAN  

TBL, TEKNIK BANGUNAN DAN LANDASAN ADALAH

Assalamualaikum Sobat, bagaimana kabarnya hari ini ? Semoga Sobat sobatku semua sehat selalu, terhindar dari segala penyakit, aamiin. Sobat ingin lebih tahu mengenai Program Studi Teknik Bangunan dan Landasan ? Sobat ingin mengetahui apa saja yang dipelajari saat menjadi Taruna di  Program Studi Teknik Bangunan dan Landasan  ? lalu bagaimana prospek kerja lulusan Taruna di  Program Studi Teknik Bangunan dan Landasan  ? Nah, Sobat, disini saya akan berbagi informasi mengenai Program Studi Teknik Bangunan dan Landasan. Semoga bermanfaat. SIAP SIPENCATAR TAHUN INI ? PAHAMI JALUR MASUKNYA   Foto di atas adalah lulusan Taruna dari Teknik Bangunan Landasan Politeknik Penerbangan Indonesia Curug tahun 2017, Alhamdulillah sekarang sudah bekerja di UPBU, PT Angkasa Pura 1 dan PT Angkasa Pura 2 DAFTAR ISI 1.  Program Studi Teknik Bangunan dan Landasan 2.  Biaya Pendidikan Teknik Bangunan dan Landasan 3.  Materi Pembelajaran Program Studi  Teknik Bangunan dan Landasan 4.  Sertifikat Pasca Pendidi

OBU, OPERASI BANDAR UDARA ADALAH

Assalamualaikum Sobat, bagaimana kabarnya hari ini ? Semoga sobat sobatku semua sehat selalu. Oke sobat, sobat tahu apa itu Program Studi Operasi Bandar Udara (OBU) ? Kira kira apa saja yang dipelajari jika sudah menjadi Taruna di Program Studi Operasi Bandar Udara ? Lalu, bagaimana prospek kerja kedepan setelah menjadi lulusan Taruna di Program Studi Operasi Bandar Udara ? Berikut adalah beberapa informasi mengenai Program Studi Operasi Bandar Udara, semoga bermanfaat untuk sobat sobatku semua. SIAP SIPENCATAR TAHUN INI ? PAHAMI JALUR MASUKNYA   Foto Taruna Program Studi Operasi Bandar Udara PPI Curug tahun 2020, Sumber : @aldiladram201 DAFTAR ISI 1.  Program Studi Operasi Bandar Udara 2.  Biaya Pendidikan Operasi Bandar Udara 3.  Materi Pembelajaran Program Studi Operasi Bandar Udara 4.  Sertifikat Pasca Pendidikan di Program Studi Operasi Bandar Udara 5.  Prospek Kerja Lulusan Program Studi Operasi Bandar Udara 6.  Gaji Lulusan Program Studi Operasi Bandar Udara 1. Program Studi Ope